Mau Buka Usaha Warkop? Inovasi Menu Ini Bisa Jadi Unggulan

Warung kopi atau lebih dikenal warkop menjadi tempat favorit nongkrong bagi anak muda. Selain harga yang relatif lebih murah dibandingkan tempat makan dengan menu utama chicken, daya tarik lainnya adalah kopi itu sendiri. Anak muda yang berkunjung memilih meminum secangkir kopi supaya kantuk hilang daripada makan berat lalu tertidur pulas. Beragam variasi seduhan kopi seperti espresso, fluid coffee dan cappucino menjadi pilihan utama anak muda yang mengejar deadline tugas di warkop.

Banyak sekali warung kopi di setiap sudut gang kecil dekat kampus. Ada juga warung kopi yang sengaja didirikan di tengah keramaian jalan. Tidak membutuhkan modal besar menjadi alasan kenapa membuka usaha warkop menjadi pilihan terbaik terutama bagi mahasiswa yang ingin berbisnis dan mencari penghasilan tambahan.

Selain memperhatikan lokasi tempat berjualan, menu yang disajikan juga tidak boleh diabaikan. Pasalnya, pembeli berkunjung kembali karena menu yang disajikan enak dan cocok untuk mereka. Secara garis besar, ada dua menu utama yaitu berupa minuman dan makanan. Berikut ulasan detail mengenai kedua menu tersebut.

Minuman

Meskipun nama warungnya adalah warung kopi tidak ada salahnya jika menyajikan minuman berbahan dasar selain kopi. Hal tersebut bisa menjadi alternatif menu jika pembeli bosan minum kopi atau sedang tidak ingin minum kopi supaya tidak begadang. Lengkapi menu minuman di warkop Anda dengan menu berikut:

1. Kopi

Tentu ini menu wajib. Beragam kopi bisa Anda jual di warkop, baik kopi bubuk maupun fermentasi kopi cair. Kopi cair merupakan inovasi fermentasi kopi baru yang mulai banyak digemari. Kopi bubuk memiliki kelemahan yaitu lebih cepat basi dibandingkan kopi cair. Sebab asam-asam kopi lebih mudah terdegradasi ketika dalam bentuk bubuk.

Namun, Anda tetap bisa menjual kedua jenis kopi tersebut. Peminat kopi tidak akan pernah sepi. Kopi bubuk lebih banyak disukai oleh kalangan pria dan orangtua. Kopi cair seperti fluid coffee sangat cocok diminum tanpa khawatir tidak bisa tidur.

2. Susu

Susu dan kopi menjadi perpaduan yang mantap dan banyak digemari. Selain itu, susu mempunyai kandungan protein lebih tinggi bisa menjadi jawaban untuk lapar tanpa makan. Anda dapat membuat menu perpaduan kopi dan susu atau menu susu saja. Sebagai contoh perpaduan kopi dan susu adalah cappuccino, fluid coffee atau americano.

3. Minuman Coklat

Coklat banyak digemari oleh anak muda terutama wanita. Manis dan identik romantis adalah alasan coklat digemari. Anda bisa membuat berbagai menu dari bahan dasar coklat seperti coklat hangat, es coklat dan milkshake.

Makanan

Menikmati malam kurang lengkap jika hanya ditemani dengan minuman. Anda dapat menambahkan menu makanan yang ringan di warkop. Makanan ringan lebih banyak disukai untuk menjadi teman mengerjakan tugas hingga larut malam.

Sediakan menu makanan seperti roti bakar, sosis bakar dan juga martabak. Jika ketiga makanan tersebut sulit diaplikasikan, bisa diganti dengan kacang, snack kemasan atau gorengan. Namun, menu makanan yang harus ada di warkop Anda adalah mie instan.

Setelah membuat rencana tempat dan menu makanan Anda dapat berlanjut ke tahap publikasi warkop Anda. Publikasi bisa dilakukan melalui offline atau online melalui media social. Kombinasi fluid coffee dengan roti bakar bisa menjadi menu utama untuk promosi warkop Anda.

Demikianlah beberapa informasi menu makanan atau minuman yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan menu di warkop Anda nantinya. Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi, ya.

Tags: