Mengenalkan Anak Kepada Al-Quran

Di dalam ajaran Islam, membaca Al-Quran adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Terdapat banyak sekali pahala bagi orang yang membaca Al-Quran. Satu huruf Al-Quran saja memiliki ganjaran sepuluh kebaikan, sudah tentu kalau seayat akan mendapat lebih banyak kebaikan. Oleh karena itu, Al-Quran harus dikenalkan kepada anak sejak usia dini. Sebagai orang tua, mengenalkan Al-Quran kepada anak sangatlah penting.

Mengenalkan Al-Quran kepada anak tidak sesulit yang dibayangkan. Sebagai langkah awal, dapat dimulai dengan mengenalkan anak kepada bacaan Al-Quran yang suratnya pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, Al-Fatihah dan berbagai surat pendek lainnya yang dapat dibaca di sini. Dengan sedikit demi sedikit, daya tangkap anak yang luar biasa diharapkan mampu mencerna surat-surat pendek tersebut.

Di zaman yang serba moderen dan perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti ini, beberapa teknologi dapat kita manfaatkan untuk membantu kita dalam mengenalkan Al-Quran kepada anak. Saat ini sudah tersedia rekaman suara berupa file MP3 yang berisi bacaan Al-quran. Orang tua dapat memutarkan rekaman tersebut kapanpun yang memungkinkan anak dapat mendengarkan. Bisa di saat bermain, belajar, atau menjelang tidur. Lama-kelamaan, tanpa sadar anak akan sedikit demi sedikit mulai hafal. Di saat inilah kita dapat melanjutkan mengajari cara baca yang benar.

Di masa yang serba modern itu, semua bisa menjadi panca ragam mudah terutama untuk prolog Al-Quran menurut anak. Kini sudah tersedia Alquran Mp3 yang siap membantu Engkau dalam mengenalkan Al-Quran terhadap anak. Al-Quran ini bercorak murotal yang enak untuk di dengan-dengar. Al-Quran itu bisa disetel ketika bujang bermain.

Selain hal di atas, kita juga dapat menggunakan mainan edukatif yang dapat menstimulus anak untuk lebih mengenal Al-Quran. Mainan-mainan yang dapat mengeluarkan suara mengaji, mainan yang jika ditekan dapat mengeluarkan suara doa harian dan sebagainya. Mainan-mainan ini dapat kita peroleh dari internet.

Cara lainnya, orang tua dapat memperkenalkan kepada huruf-huruf hijaiyah. Orang tua dapat memasang poster huruf- huruf Hijaiyah di dinding kamar. Mulailah dengan menyanyikan huruf hijaiyah bersama- sama tiap harinya. Tetapi jangan sampai monoton. Orang tua dapat memakai cara-cara yang menarik supaya anak tidak merasa bosan. Ciptakan suasana yang menyenangkan buat menolong anak mengingat hapalannya dalam waktu yang lama.

Sebagai orang tua, mengenalkan agama kepada anak merupakan sebuah kewajiban. Orang tua harus mendidik anak dan keluarganya dengan mengenalkan shalat, mengenalkan Al-Quran, mengenalkan ajaran-ajaran Islam dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mengenalkan anak kepada Al-Quran sangat penting dan dianjurkan bagi segenap muslim.